MEMBUAT JAMU KUNIR ASEM ALA AYUNDAA

 JAMU KUNIR ASAM ALA AYUNDAA





Hai👋, kembali lagi dengan saya Ainnur Ayu Nanda Agustin. Kali ini aku akan menulis pengalamanku ketika aku belajar membuat salah satu minuman tradisional, yaitu kunir asem.


Lanjuut!... 

 
     Baru kali ini aku membuat minuman tradisional sendiri. Biasanya aku beli di pasar atau dibuatkan ibu. Tapi lebih seringnya, setiap seminngu sekali aku dibelikan bapak di pasar. Kebetulan waktu itu aku mendapatkan tugas 'Sosiologi' untuk membuat salah satu minuman tradisional. Untuk memenuhi kebutuhan nilai dan rasa penasaranku, aku memilih membuat jamu kunir asem/kunyit asam. 
     

     Setelah aku bertanya kepada ibu tentang bahan-bahannya, aku bergegas untuk membuatnya sendiri. Sebenarnya bahan-bahnnya sudah tersedia di rumah, jadi tidak perlu beli lagi di pasar. Pengalaman yang kudapat sangat menyenangkan saat aku membuatnya, karena aku membuatnya di bulan puasa, sehingga aku tidak bisa mencicipinya. Cukup menggunakan takaran bumbu yang pas untuk bisa meyakinkanku soal rasa. Lebih menyenangkan lagi saat minumannya sudah jadi, dan diminun ibu saat berbuka, kemudian ibu bilang kalau minuman yang aku buat rasanya enak. Rasanya ada kepuasan sendiri waktu itu. Pekerjaan yang susah-susah mudah akhirnya terselesaikan. Dan kali ini aku berhasil ☺️


     Ternyata, membuat minuman itu tak semudah yang aku bayangkan. Iya sih memang mudah, tapi ada bagian yang menurutku sulit, eh ... bukan sulit, lebih tepatnya menjengkelkan😁, tapi memang salahku juga😄. Yaitu bagian di mana aku harus memarut kunyit, sehingga menjadikan tanganku berwarna kuning karena kunyit. Sebenarnya ibu sudah memberitahuku untuk menggunakan sarung tangan plastik agar gak kuning, tapi aku sendiri yang ngeyel. Hehe ... maapkan aku yang suka ngeyel 🙏🏻🥺😁
     

     Seperti yang aku ceritakan, kesimpulannya adalah untuk membuat minuman tradisional kunyit asam itu sebenarnya mudah, dan ga terlalu sulit👌🏻. Dibutuhkan racikan bumbu yang pas agar cita rasanya enak. Jadi, buat teman-teman yang ingin membuatnya, sok buat aja! Ga sulit kok, mudah! Buruan coba! 
Oh iya ... jamu kunir asam ternyata mempunyai manfaat juga lho .... 


     Jamu 'kunir asem/kunyit asam' atau biasa disebut jamu 'adem-ademan' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh. Selain itu, jamu kunir asem juga bermanfaat untuk menekan resiko komplikasi jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meredakan nyeri haid. 


Selamat mencoba 


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Sekian yang dapat saya bagikan. Mohon maaf apabila ada typo dan lainnya. Jika ada yang ditanyakan atau mau menambahkan krisar bisa meninggalkan komentar. Sampai bertemu di lain waktu teman-teman😊

Salam,

Ayundaa_







Jangan lupa kunjungi medsos kami👇🏻, 
Youtube: Ayundaa Channel
Facebook: Ainnur Yunda TL
Instagram: nandaainnur_








Komentar

Postingan Populer